Subscribe to RSS feed

Wednesday, October 28, 2015

Boosting Confidence Training

Kemarin dapet pengalaman yang berharga banget karena diberi kesempatan untuk mengikuti training boosting confidence dan sosial media communication yang spesial banget dari Talk Inc sebuah sekolah public speaking yang dimiliki oleh Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan.

There are many points that succesfully touching and noted so I will share here as a new knowledge for us. Check it out ^^

# Boosting confidence


What is Confidence? Why do some people say they dont have enough confidence? or maybe some people say hey, Im not lucky like you whose more confidence. Oh cmon..is it true?

Apa menurut anda percaya diri?

Percaya diri adalah kemampuan seseorang, cara pandang orang tersebut terhadap dirinya dalam menyelesaikan sebuah tugas. Percaya diri adalah kemampuan setiap orang, bukan karakter atau bawaan lahir semata,so apakah benar beberapa orang bisa percaya diri dan lainnya tidak? No. Jawabannya bahwa semua orang bisa memiliki percaya diri.

Lalu bagaimana dan apa yang  kita harus lakukan agar kita dapat meningkatkan percaya diri kita? Ada beberapa poin yang perlu diketahui lebih dahulu yakni:

1. Memahami diri sendiri

Apa yang kita tahu tentang diri kita? Bagaimana gambaran dan deskripsi kita dan tentu saja hal itu harus sejalan dengan apa yang orang lain lihat bagaimana kita.

Self Image vs Social Image = Harus sejalan

Mari mulai ketahui siapa kita.

Self Image dibentuk dari:

- Kekuatan diri
- Kepribadian
- Keterampilan diri
- Pengalaman

 Ketahui apa kekuatan diri kita adalah kebaikan-kebaikan yang kita miliki, kepribadian adalah bagaimana karakter kita, ketrampilan diri adalah sesuatu yang kita kuasai dan pengalaman adalah apa saja yang telah kita alami dan rasakan. Mulai lah jabarkan itu semua.

Siapa kita dan apa kekuatan kita?

1. Latihan positive thinking setiap hari

2. Mari identifikasi hal-hal yang harus diubah, jadikan kekurangan kita untuk challenge bagi kita untuk menjadi yang terbaik kita. The best of me.

3. Selalu check kondisi diri sendiri

4. Bergaul dengan orang-orang yang positive

5. Latihan "self talk" yang positif

Lalu apa yg membuat kita selalu percaya diri ketika berkomunikasi pada lawan bicara.

1. Be a charming communicator ---> jadikan orang lain merasa penting
  - Memperhatikan dengan efektif
  - Bertanya untuk mengklarifikasi
  - Menunjukan empati
  - Menyampaikan dengan respect
  - Pemilihan kata yang mendukung


2. Kualitas dalam membangun hubungan:
  - Penerimaan
  - Apresiasi
  - Afirmasi
  - Perhatian

Lakukan hal tersebut maka kepercayaan diri kita insya allah meningkat. Do the best to be the best, dont be affraid and be courage because you can be the best of you

1 comments:

anonim keren said...

Bagus... menulis lagi dong